Tips Agar Prosesor Tidak Cepat Panas

Oke sobat blogger..
Pada postingan kali ini, saya akan berbagi sebuah tips yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan teknisi, yaitu "Tips Agar Prosesor Tidak Cepat Panas". Sering kali kita alami, saat kita sedang asik bermain video game atau mungkin sedang memainkan graphic editor yang membutuhkan tenaga lebih besar tiba-tiba komputer/laptop/PC yang sedang kita jalankan itu MATI atau Blue Screen. Nah .. sobat pasti merasa kesal dengan aksi yang satu ini. Saya pun pernah mengalami hal demikian. Awalnya saya pikir, Blue Screen itu menunjukkan harddisk yang error atau operating system yang crash, tapi setelah saya amati ternyata Blue Screen itu muncul karena prosesor sudah dalam keadaan sangat panas.


Tapi tenang sobat blogger, ada tips untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu :
  1. Menggunakan Cooling Fan External untuk mendinginkan prosesor lebih maksimal. Cooling Fan ini ada dua jenis yaitu pada Notebook dan PC. Fan yang bisa dipakai untuk Notebook biasanya diletakkan di bawah laptop sebagai alas dan fan yang digunakan pada PC adalah fan yang ditempelkan pada dinding casing. Dengan adanya Extra Fan/Cooling Fan External ini, sobat blogger bisa menurunkan suhu prosesor. Teknik ini cukup membantu karena angin yang dihasilkan extra fan ini cukup dingin.
  2. Membersihkan Cooling Fan. Teknik ini cukup sederhana. Sobat hanya perlu membongkar PC/Notebook lalu membersihkan Fan-nya. Karena biasanya fan yang terpasang dalam mainboard itu berdebu dan kotor sehingga mengurangi kinerjanya dalam mendinginkan prosesor. Tapi hati-hati sobat, dalam membongkar-merakit notebook diperlukan ketelitian karena tidak semua jenis notebook bisa dibongkar-rakit dengan mudah. Selain itu, sebaiknya membersihkan fan-nya dengan menggunakan kuas agar lebih spesifik dalam proses pembersihannya.
Sederhana kan sobat ??
Itu lah tips untuk menjaga prosesor agar tidak cepat panas. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. ^_^

Selamat Mencoba..

Penulis : "Aythinet" ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi seputar IT

Artikel Tips Agar Prosesor Tidak Cepat Panas ini dipublish oleh "Aythinet" pada hari Senin, 31 Oktober 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan. Sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Agar Prosesor Tidak Cepat Panas
 

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, langsung aja di post via kotak dialog di bawah ini ..
^_^

Terima Kasih ...