Cara Mengatasi Komputer Yang Hang

Salam blogger..

Pada artikel ini, saya akan berbagi tips lagi nih.. Tips kali ini yakni mengenai cara mengatasi komputer yang hang. Hmmmmm... mungkin sobat blogger sudah tidak asing lagi dengan masalah yang satu ini. Tapi bagi pemula, tips ini cukup penting karena masalah ini cukup mengganggu kinerja kita. Masalah ini cukup sederhana, namun sangat membuat kesal pastinya. Dimana kita sedang asik atau serius menjalankan suatu program, tiba-tiba saja komputer menjadi melambat atau diam tiba-tiba.


Oke, langsung aja deh.. Berikut adalah penyebab komputer mengalami "HANG" dan cara mengatasinya :


1       1. CPU terlalu panas
Seperti yang saya jelaskan pada postingan sebelumnya, CPU (Central Processing Unit) atau biasa disebut prosesor ini bisa mengalami suhu yang terlalu panas sehingga membuat kinerja PC menjadi lebih lambat. Cara mengatasinya, sobat blogger hanya tinggal mengikuti langkah-langkah pada artikel “Tips agar prosesor tidak cepat panas” yaitu menggunakan extra fan atau membersihkan fan dan heatsink dalam mainboard dengan menggunakan kuas.

2       2. Power Supply kekurangan daya
Masalah dengan power supply bisa saja terjadi. PC yang dijalankan dengan power supply yang memiliki daya lebih rendah akan membuat kinerja PC menjadi terhambat. Bisa dibilang, PC itu membutuhkan makanan lebih banyak yaitu LISTRIK. Hehe… Solusinya, sobat bisa mengganti power supply tersebut dengan yang baru atau yang lebih bagus kinerjanya.

3       3. Hardisk mengalami Bad Sector
Nah.. Untuk yang satu ini berkaitan dengan harddisk. Harddisk yang digunakan mengalami “Bad Sector” atau kerusakan pada sector pada disk drive. Cara mengatasinya, cabut harddisk dari PC lalu pasangkan pada PC yang lain lalu lakukan “Checkdisk” untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan/kerusakan pada harddisk. Setelah itu, pasang harddisk itu ke PC awal. Insya Allah masalah bad sector tertangani. Hehe

4       4. VGA Card rusak
Hmmmm … komputer hang mungkin saja karena VGA Card yang digunakan sudah tidak bisa bekerja optimal sehingga memperlambat kinerja PC. So, solusinya kita harus mengganti VGA Card yang lama dengan yang baru. Yaaaa minimal dengan yang lebih baik deh.. ^_^

5       5. Koneksi LAN
Ini berkaitan dengan jaringan. Saya pun pernah mengalami masalah ini. Awalnya saya kira ada masalah dengan prosesor atau program yang saya jalankan, ternyata setelah saya cabut kabel RJ45 yang sedang terkoneksi pada notebook saya, kinerjanya bisa kembali normal dan setelah saya koneksikan lagi dengan notebook yang saya pakai, tidak terjadi masalah lagi. Hal ini terjadi karena lalu lintas jaringan pada kabel macet ketika kita sedang menjalankan aktivitas PC lain pada PC kita.

6       6. Program yang bermasalah
Hal ini mungkin saja terjadi. Ketika program/software yang kita jalankan cukup berat atau bermasalah, biasanya akan terjadi “Not Responding” pada program tersebut. Cara mengatasi masalah ini cukup mudah, sobat hanya perlu membuka “Task Manager” dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del. Setelah itu pilih program yang sedang mengalami “Not Responding” itu dan klik “End Task”. Selesai..

Kurang lebih seperti itulah penyebab komputer mengalami hang dan cara mengatasinya.
Semoga bermanfaat ya sobat. Jangan lupa untuk berbagi ilmu juga dengan yang lain.
#Keep Spirit For Share
^_^

Penulis : "Aythinet" ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi seputar IT

Artikel Cara Mengatasi Komputer Yang Hang ini dipublish oleh "Aythinet" pada hari Selasa, 01 November 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan. Sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mengatasi Komputer Yang Hang
 

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, langsung aja di post via kotak dialog di bawah ini ..
^_^

Terima Kasih ...